Sunday, December 23, 2012

Sidev 2012 and Me in Singapore !!!


Hari pertama di Negara Singapore perasaannya campur aduk, pokoknya senang bisa berkunjung ke Singapore. Rombongan Sidev tiba di bandara sekitar jam 11 waktu Singapore, klo ngk salah soalnya waktu itu ngk sempat atur jam. Kan waktu Singapore lebih cepat 1 jam dari waktu Indonesia.
Hal pertama yang kami lakukan adalah makan..hahaha tpi sebelumnya dari tour guidenya kita di ceritain mengenai setiap mobil di singapore harus memiliki alat, ngk tahu alatnya buat apa masih samar2 klo ngk salah sich buat parkir :D , oh iya untuk bisa memiliki mobil di Singapore tuh agak susah selain harganya mahal semahal beli rumah, selain itu hal pertama yang harus dilakukan bagi yang akan membeli mobil di Singapore adalah membeli plat nomornya.
Sebelum kami menyantap makan siang, kami mampir di Malay Heritage Centre, yang katanya bekas istana Sultan.., yaitu Istana Kampong Gelam (yang dibangun tahun 1840)  dan di Istana Kampong Gelam juga terdapat pohonGelam yang merupakan pohon yang ditanam oleh Prof. Dr. Yaacob Ibrahim pada tanggal 27 November 2004.
Ini nich picturenya

Abis denger penjelasan baru lah kita makan di rumah makan padang yang kebetulan berada di samping Malay Heritage Centre. Selain itu, di sebelah istana Sultan ada mesjid yang terkenal dengan nama Mesjid Sultan Singapore (yang katanya mesjid paling tua dan paling besar di Singapore, dibangun tahun 1825).
Dari Malay Heritage Centre, kami kembali jalan ke kunjungan berikutnya Patung Marlion, yang menjadi ikon Singapore bagi dunia. Kepala singanya melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, seperti yang tercantum dalam “Sejarah Melayu”. Ekor ikan sang Merlion melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa). Nama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya “Singapura” (berarti “Kota Singa” dalam bahasa Sansekerta) dan juga melambangkan awal Singapura yang sederhana, yaitu sebagai perkampungan nelayan.
Lanjut ke kunjungan lainnya kali ini kami mengunjungi marina barrage, dari marina barrage view kota Singapore bagus banget. Apalagi di marina barrage teryata merupakan water supply dan flood control di Singapore. Wow apalagi pas masuk ke Sustainable Singapore Gallery disana membahas tengtang air yang menjadi kebutuhan dasar setiap makhluk hidup di dunia ini. Termasuk manusia, Singapore sadar benar bagaimana Negara mereka yang kecil itu harus bisa menyediakan dan memenuhi kebutuhan air warga negaranya.
Keesokan Harinya 12 desember 2012 tempat pertama yang kami kunjungi adalah Botani Garden Singapore. Botani Garden Singapore merupakan suatu taman yang sangat besar yang berada disingapore. Tempat yang menurutku sangat baik untuk mengenal berbagai macam tumbuh – tumbuhan baik bunga maupun tumbuhan aneh. Hamper setengah hari kami di botani garden namun waktunya terasa kurang karena kami hanya berkeliling di setengah botani garden.
Dari Botani Garden Singapore, kami menuju ke Newater Visitor Center yang merupakan sumber air baru yang diproses menggunakan membran mutakhir dan teknologi ultraviolet sehingga ultra bersih dan aman diminum. Newater dikembangkan oleh PUB setelah 3 dekade dan telah melewati lebih dari 65.000 tes ilmiah serta memenuhi persyaratan WHO.
Teryata, proses air kotor menjadi Newater adalah pertama, proses konvensional pembersihan air kotor. Air yang telah digunakan diproses di Water Reclamation Plants. Kemudian, menggunakan mikrofiltrasi/ultrafiltrasi untuk menyaring benda padat, partikel koloid, bakteri-virus-protozoa. Air yang tersaring melewati membrane, mengandung garam larut dan molekul organik. Setelah itu, air memasuki tahapan Reverse Osmosis. Dalam Reverse Osmosis ini, membran semi permiabel menyaring kontaminan yang tidak diinginkan seperti bakteri, virus, logam berat, nitrat, klorida, sulfat, pestisida dan lain sebagainya. Pada tahap ini, NEwater bebas dari virus, bakteri dan mengandung garam dengan level rendah juga zat organik. Pada step ini, air sudah dalam kualitas dapat diminum. Baru setelah itu dilakukan langkah keselamatan. Pembersihan dari kuman dengan memakai UV guna memastikan semua organisme inaktif dan kemurnian produk air terjamin. Dengan penambahan zat kimia alkalin untuk menjaga keseimbangan PH. Pada tahapan ini, Newater telah siap untuk dikonsumsi siapa saja.


1 comment: