Saturday, December 22, 2012

Sidev UII Jogja go to UTP Malaysia

Alhamdulillah malaysia, itu kata pertama yang diucapkan pertama kali masuk kota malaysia.. setelah melakukan perjalanan semalaman dari kota Singapore. Kami menginjakkan kaki di Malaysia sekitar jam 5an pagi. Dimalaysia Tempat pertama yang kami datangi adalah UTP, Universitas Teknologi Petronas, merupakan salah satu universitas yang terbaik di Malaysia.
Sesampainya kami di UTP kami di sambut sangat baik oleh pihak mereka. kami tiba di UTP sekitar jam 9an,dengan pakaian formal san jas kebanggaan kami almamater UII. Acara pertama yaitu presentasi dari pihak UTP mengenai profil institusi, visi dan misi, serta komposisi mahasiswa asing yang sedang belajar disana, baik pada tingkat sarjana maupun pasca sarjana.
Sesuai dengan catatan UTP, pelajar yang berasal dari Indonesia menempati urutan kedua dari segi jumlah pelajar asing yang sedang belajar di UTP. Jumlah pelajar asing di UTP yang terbanyak berasal dari Sudan. Sehubungan dengan salah satu cita-citanya untuk menjadi research university berskala internasional, UTP menargetkan jumlah mahasiswa pasca sarjana (postgraduates) bisa mencapai total 1200 mahasiswa. Target ini masih cukup jauh, mengingat saat ini jumlah mahasiswa pasca sarjana yang sedang belajar di UTP, lokal dan internasional, baru mencapai sekitar 500 orang. Sehingga, akan sangat memungkinkan bagi pelajar-pelajar dari Indonesia yang memenuhi kualifikasi UTP untuk melanjutkan belajar di sana. Namun, untuk tingkat sarjana (undergraduates), jumlah mahasiswa di UTP sejauh ini sudah memenuhi quota yang ditargetkan, sehingga pihak universitas hanya memberikan jatah beasiswa kepada sekitar sepuluh pelajar dari Indonesia untuk setiap tahunnya. Proses seleksi beasiswa undergraduates biasanya akan diumumkan melalui surat kabar setempat, yang untuk Indonesia biasanya diumumkan melalui surat kabar “Kompas” dan proses seleksi akan dilakukan di kantor cabang PETRONAS di Jakarta.
Sambutan pihak utp kepada kami sangat baik, setelah kami mendengar sambutan bapak Muhd fadhil acara berlanjut ke acara coffe break.  Setelah coffe break selesai kegiatan kami berlanjut dengan melihat laboratorium-laboratorium teknik yang tersedia, Pertama yang kami kunjungi adalah laboratorium yang ada di Department of Electrical and Electronics Engineering, pas masuk sich agak gimana gitu.. asisten labnya jelasin jadi bingung sendiri namanya juga lab elektro anak informatika mana tahu.
Nah yang menyenangkan waktu kita tiba di ruang penelitiannya.. hasil – hasil penelitian mahasiswanya bagus –bagus semua.. masih terbayang –bayang gimana mahasiswa jelasinnya pake bahasa inggris. Salah satu yang membuat saya salut adalah mereka pasih menggunakan bahasa inggris. Ngunjungin ruang penelitiannya saya jadi termotivasi. Kalau mereka bisa kenapa saya ngk. :D
Nah, abis dari ruang penelitian baru lah kita pergi ke lab IT, disini banyak sekali hal yang bisa di ambil.. gimana hasil penelitian yang mereka buat bener2 canggih.. sayang waktunya ngk banyak Cuma bentar… abis itu kita ke lab jaringan  kemudian ada 1 lab lagi tpi lupa nama labnya . pokoknya di sana kami di beri pengetahuan mengenai salah satu hasil penelitian mahasiswa mengenai deteksi kecelakaan.  Ngk terasa udah siang kami pun segera makan siang lalu sholat..

No comments:

Post a Comment